Sugeng Rawuh

Minggu, 18 Desember 2011


BERBAKTI KEPADA ORANG TUA

Assalamu’alaikum WR.Wb.
…………….
Segala puji bagi Allah, yang menguasai seluruh alam. Rahmad dan salam semoga tetap dilimpahkan kepada seorang Nabi yang tidak aka nada nabi sesudahnya,yaitu Nabi Muhammad SAW. Serta kepada keluarga dan sahabatnya.
Yang terhormat dewan juri, serta teman-teman semua yang berbahagia.
Setiap manusia sudah pasti mempunyai orang tua, tidak satupun manusia yang lahir tanpa orang tua, kitapun menyadari, bahwa orang tua berkuah keringat, siang dan malam banting tulang, memeras pikiran, sekuat tenaga memperjuangkan sekuat tenaga memperjuangkan agar anaknya bisa hidup seperti layaknya anak-anak yang lain. Karena itu saat ini ijinkan saya untuk menyampaikan betapa pentingnya berbakti kepada orang tua.
Dewan juri dan teman-teman yang berbahagia..
Allah SWT yang maha bijaksana telah mewajibkan setiap anak untuk berbakti kepada orang tuanya. Bahkan perintah untuk berbuat baik kepada orang tua. Dalam alqur’an dijelaskan perintah untuk berbakti kepada orang tua. Sebagaimana firmannya..
Artinya : “ Dan Tuhanmu Telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. ( Al-Isro’ : 23)
Rekan-rekan yang berbahagia
Alangkah lebih baik jika kita memahami arti penting dan kedudukan berbakti kepada orang tua. Berbakti kepada orang tua merupakan amal sholih yang mulia. Bahkan disebutkan berkali-kali dalam Al-qur’an tentang keutamaan berbakti kepada orang tua. Begitu agungnya kedudukan berbakti pada orang tua, bahkan diatas jihat fisabilillah, padahal jihat memiliki keutamaan yang sangat besar pula. Membuat menangis orang tua terhitung sebagai perbuatan durhaka. Tangisan mereka berarti sedihnya hati mereka oleh tingkah sang anak. Untuk itu bersegeralah kita minta maaf padanya. Seperti dalam sabda nabi “ RidhoLLAH bi ridhol walidain “ --Ridho Allah tergantung pada Ridho kedua orang tua, --
Demikian yang dapat saya sampaikan mohon maaf jika ada perkataan yang tidak berkenan.
Billahitaufiq Wal hidayah Sumassalamu’alaikum Warohmatullahi Wa Barokatuh…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar